Close

Masalah Seputar Keramik Dinding dan Solusi Untuk Mengatasinya

Masalah yang sering muncul pada keramik dinding 

Keramik merupakan material pelapis lantai dan dinding baik diperuntukan untuk interior dan eksterior. Namun mungkin kita sering menjumpai masalah pada keramik yang terpasang pada dinding dan mungkin banyak dari Anda tidak tahu apa penyebabnya dan bagaimana solusi yang tepat untuk menanggulangi masalah pada dinding keramik tersebut. 

Keramik yang lepas terjadi bisa dikarenakan bahan perekat yang menjadi bahan dasar menempelnya keramik kurang atau terlalu banyak semen. Selain itu pemasangan keramik kurang akurat dan proporsional sehingga keramik mudah terlepas karena penataan yang kurang baik. 

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan semen yang sesuai dengan komposisi bahan perekat untuk keramik dinding dan gunakan alat khusus seperti spacer untuk memberi jarak antar keramik jauh lebih akurat dan pemasangan yang lebih rapih. 

 

  • Nat Mudah kotor

Masalah selanjutnya yang sering muncul pada keramik dinding adalah nat keramik yang mudah kotor. Banyak penyebab nat keramik dinding ini mudah kotor misalnya pada keramik dinding yang ada di dapur sering terken aminyak dan bahan masakan lainnya akhirnya dalam waktu yang lama akan menumpuk dan menjadi kotoran yang sulit untuk dibersihkan. 

Contoh lain seperti keramik dinding yang terpasang untuk eksterior nat pada keramik dinding halaman akan mudah menjadi tempat tumbuhnya lumut, ini terjadi karena rongga pada nat keramik yang kurang padat dan kelembapan yang tinggi akan memicu tumbuhnya lumut dan jamur pada keramik.

Cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut ialah jika nat keramik sudah sangat kotor dan sulit untuk dihilangkan maka anda bisa menghilangkan nat dengan cara mengeruk dan menggantikannya dengan nat baru dan sesuai dengan warna keramiknya. Bisa juga membersihkan nat dengan rutin membersihkan nat dengan cairan perbersih.

  • Pemukaan Keramik Muncul Bercak

Banyak aktivitas di rumah makin banyak pula zat yang akan menempel pada keramik baik dinding maupun lain, khususnya keramik dinding dapur dan kamar mandi biasanya akan memiliki tingkat kelembapan yang lebih tinggi sehingga keramik akan mudah muncul bercak-bercak.

Selain itu untuk kondisi keramik juga terkadang muncul bercak dan jamur, hal ini juga bisa terjadi dikarenakan ada rongga dibalik keramik yang bisa meresap air dari dalam akan meningkatkan kelembapan air jauh lebih tinggi serta kualitas keramik yang digunakan juga kurang bagus. Solusi yang bisa dilakukan untuk sering membersihkan permukaan dinding agar kotoran tidak menumpuk dan memastikan proses pemasangan keramik sudah rapat dan tidak memiliki rongga untuk air bisa masuk kedalam dinding.

  • Keramik Pecah

Masalah terakhir yang sering terjadi pada keramik dinding adalah keramik yang pecah saat dipaku dan pada saat proses pemasangan. Hal ini bisa dikarenakan kualitas keramik yang kurang bagus atau alat yang digunakan untuk memasang keramik terlalu keras. 

Secara umum masalah ini adalah masalah pada kemampuan teknis pemasangan keramik dari tukang atau keasalah pemilih rumah ketika ingin memasangan pagu untuk gantungan benda dan kurang memperhatikan kondisi dari keramik itu sendiri. 

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan palu karet atau kayu agar tidak merusak permukaan keramik dan untuk yang ingin memasang gantungan barang bisa menggunakan produk gantungan barang yang tanpa menggunakan paku.

Memiliki dinding dengan lapisan keramik memang memiliki tantangannya tersendiri. Artikel diatas adalah beberapa masalah keramik yang sering terjadi pada keramik dinding di rumah anda beserta solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah keramik tersebut.  
 

Baca Juga : Tips to cleaning the dull of floor ceramics 

​​​​​​​


Kabar Terkait Blog

Deskripsi Terkait